rss

Tuesday, June 21, 2011

Bidang Akuntansi

BIDANG-BIDANG AKUNTANSI

Financial Accounting (Akuntansi Keuangan)
Akuntansi ini adalah bidang akuntansi dari suatu entitas ekonomi secara keseluruhan. Akuntansi ini menghasilkan laproran keuangan yang ditujukan untuk semua pihak khususnya pihak-pihak dari luar perusahaan, sehingga laporan yang dihasilkan bersifat berguna (general purpose).

Management Accounting (akuntansi Manajemen)
Akuntansi ini adalah akuntasi yang khusus member informasi bagi pimpinan perusahaan/ manajemen untuk pengambilan keputusan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan.

Cost accounting (akuntansi biaya)
Adalah akuntansi yang kegiatan utamanya adalah menetapkan, mencatat, menghitung, menganalisis, mengawasi serta melaporkan kepada manajemen tentang biaya dan harga pokok produksi.

Auditing ( akuntansi pemeriksaan)
Bidang ini berhubungan dengan pemeriksaan secara bebas terhadap laporan yang dihasilkan  oleh akuntansi keuangan, sehingga laporan akuntansi yang dibuat bisa lebih dipercaya secara obyektif.

Accounting System (system akuntansi)
Bidang ini melakukan perancangan dan implementasi dari prosedur pencatatan dan pelaporan data akuntansi.

Tax Accounting (Akuntansi Perpajakan)
Adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk membuat laporan keuangan untuk kepentingan perpajakan dan perencanaan perpajakan sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku.

Budgeting (Akuntansi anggaran)
Bidang ini berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan perusahaan mengenai kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dimasa dating serta analisis dan pengawasannya.

Not profit accounting (Akuntansi organisasi nir laba)
Adalah bidang akuntansi yang proses kegiatannya dilakukan oelh organisasi non laba seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Yayasan dan lain-lain.

Blog Archive