rss

Thursday, June 16, 2011

Sejarah Perkembangan Akuntansi

Di awal postingan kita akan membahas sejarah perkembangan akuntansi. selamat membaca..

Mengetahui sejarah dan perkembangan akuntansi merupakan hal yang sangat penting untuk memahami dan mengapresiasikan praktik akuntansi saat ini, masa depan dan struktur institusional bidang ilmu akuntansi.
Sejarah perkembangan akuntansi berjalan secara menarik jika dilihat dari awal terjadinya pencatatan.

Dikatakan menarik karena orang pertama yang melakukan pencatatan justru bukan dari orang ahli akuntansi pada saat itu. Melainkan dari seorang ahli matematika yang bernama “luca pacioli” padah tahun 1494. Awal pencatatan dimulai dari adanya dua kegiatan penting yang dilakukan oleh para bangsawan saat itu. Kegiatan tersebut adalah:
  1. Kegiatan pencatatan penarikan pajak/ pendapatan sewa, dan
  2. Kegiatan pencatatan pencatatan perjalanan perdagangan per 1 kali jalan.
Kegiatan di atas dilakukan dengan suatu pencatatan yang teratur dan berkelanjutan. Hasil dari aktivitas inilah menjadi ilham bagi luca pacioli untuk menghasilkan sebuah karangan yang berjudul:

“summa de aritmatica geometria proportion et proportionalita”

Perkembangan akuntansi selanjutnya terjadi sangat drastis seiring dengan perkembangan bisnis mendahului perkembangan akuntansi. Karakter ini sangat menarik untuk dicermati, karena kita bisa menyimpulkan bahwa akuntansi berkembang setelah adanya kebutuhan dunia bisnis.

Bentuk karakter perkembangan seperti ini sampai saat sekarang masih terjadi. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan jumlah PSAK dengan nomor urut, di mana urut-urutan tersebut memiliki interval waktu sesuai dengan perkembangan transaksi yang terjadi.

Apabila diamati, maka perkembangan akuntansi yang sangat besar terjadi pada saat terjadinya revolusi industry di tahun 1845. Pada saat terjadinya revolusi industry ini, akuntansi berkembang secara cepat mengikuti perkembangan industry.

Demikian postingan saya kali ini mengenai sejarah perkembangan akuntansi. selamat membaca postingan berikutnya :)

Blog Archive